Bagaimana Cara Ringkas Membayar Zakat?

148

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Semoga Allah memudahkan antum dan sekeluarga ntukk istiqamah dlm kebaikan. Ustadz, mau tanya bagaimana ilustrasi untuk membayar zakat mal apabila sudah masuk hisabnya,apakah jumlah keseluruhan uang kita dikalikan 2,5 % atau bagaimana ustadz. Jazakallahu khoir wa Barokallahu fikum

Dijawab oleh Ustadz Al Imam Abu Abdillah حفظه الله

 

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullah Wabarakatuh

 

Ahlan Wasahlan wamarhaban

 

Ilustrasi mudah dalam mengeluarkan zakat mal jika sudah terlengkapi syaratnya adalah dengan menghitung semua Uang yang kita miliki yang sudah sampai nishabnya, kemudian dibagi 40 . hasil yang keluar itu adalah apa yang wajib kita keluarkan sebagai zakat.

 

Atau dengan penghitungan lain : dikalikan 2.5%.

 

Disini ada permasalahan penting yaitu :

Apakah jika uang yang dimiliki tidak mencapai nishab, namun dia memiliki emas / perak, atau uang dengan mata uang asing, apakah harus digabung semuanya atau per masing – masing benda ?

 

Telah dijawab permasalahan diatas oleh Komisi Fatwa ulama negeri Arab Saudi dalam Fatawa Lajnah No : 8/324 :

 

يجب ضم المال ، سواء كان فضة أو نقدا ورقيا أو قيمة عروض تجارة إلى الذهب في تكميل النصاب ؛ لأنه بمجموع المال والذهب يكمل النصاب ، فوجب إخراج الزكاة ” انتهى

 

Dan wajib untuk digabungkan dengan harta, apakah perak atau mata uang lainnya atau bahkan barang perniagaan, ke hitungan emas untuk melengkapi nishab. Karena dengan digabungkan semuanya akan lengkap Nishabnya, sehingga wajib atasnya mengeluarkan zakat.

(Selesai)

 

Kesimpulannya : jika kita memiliki Uang 4 juta dan meiliki perak seberat : 300 gram, maka untuk kehati-hatian, kita menggabungkan keduanya dan kita keluarkan 2.5% dari semuanya.

 

 

Penulis: Ustadz Imam Abu Abdillah
Artikel: https://almisk.or.id

Tinggalkan Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasi.