بسم الله الرحمن الرحيم

إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهده الله فلا مضل له، ومن يضلل فلا هادي له وأشهد أن لا اله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله

Segala puji hanya milik Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Shalawat dan salam teriring selalu kepada junjungan kita Nabi Muhammad bin Abdillah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan keluarga serta sahabat dan yang mengikuti petunjuknya sampai hari akhir.

Sungguh kemuliaan suatu umat manakala mereka menegakkan dakwah Ilallah, dengan melakukan amar ma’ruf nahi munkar.

Allah berfirman,

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ

“Kalian adalah sebaik-baik umat yang dikeluarkan untuk manusia, kalian menyuruh dengan yang baik dan melarang dengan yang munkar dan kalian beriman kepada Allah.” (QS. Ali Imran : 110)

Bahkan Allah menegaskan bahwa tidak ada kebaikan dalam ucapan seseorang kecuali mereka yang menyuruh dalam kebaikan.

Allah berfirman,

لَا خَيْرَ فِي كَثِيرٍ مِنْ نَجْوَاهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلَاحٍ بَيْنَ النَّاسِ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ ابْتِغَاءَ مَرْضَاتِ اللَّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

“Tidak ada kebaikan dalam kebanyakan pembicaraan kalian melainkan mereka yang menyuruh dengan sedekah, atau kebaikan atau mendamaikan diantara manusia (yang bertikai), dan barang siapa yang melakukan hal tersebut mengharapkan keridhaan Allah, maka akan kami berikan pahala yang besar.” ( QS, An-Nisa : 114)

Bahkan agama itu adalah nasihat.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

الدِّينُ النَّصِيحَة

“Agama adalah nasihat.” (HR. Muslim dari Abu Ruqayyah Tamim bin Aus Ad Dary)

Lebih utama dari unta merah, benar seorang yang mendapatkan hidayah dengan sebab dirinya, itu lebih baik baginya dari pada unta merah.

 

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengatakan kepada Ali bin Abi Thalib,

فَوَاللهِ لَأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلًا وَاحِدًا خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُونَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ

“Sungguh demi Allah, jika seseorang mendapatkan hidayah karena dirimu, itu lebih baik bagimu daripada unta merah.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Sahl bin Sa’ad As Sa’idy)

Berkata Syaikh Al Allamah Abdul Aziz bin Baz rahimahullah,

الواجب على جميع القادرين من العلماء وحكام المسلمين والدعاة الدعوة إلى الله، حتى يصل البلاغ إلى العالم كافة في جميع أنحاء المعمورة

“Dan menjadi kewajiban atas semua yang memiliki kemampuan dari kalangan ulama, penguasa, dan para dai untuk berdakwah dijalan Allah, sehingga Islam ini tersampaikan keseluruh penjuru dunia yang luas ini.” (Fatawa Syaikh bin Baz : 1/248)

Dengan beberapa ayat, hadits serta penjelasan diatas mendorong kami semua untuk berusaha memberikan andil didalam berdakwah dijalan Allah dengan merintis sebuah website Islami, didalamnya kami suguhkan teruntuk pembaca semuanya beberapa untaian faedah yang dibungkus dengan keindahan ayat suci Al-Quran dan hadits-hadits pilihan sebagai pegangan muslim dan muslimah didalam menghadapi fitnah yang muncul di akhir zaman ini.

 

Profil Singkat

www.almisk.or.id adalah website yang dikelola oleh beberapa Asatidzah Ahlus Sunnah Wal Jamaah di Banda Aceh dan sekitarnya dengan dibantu oleh tim ahli dari beberapa akhwat dan ummahat dengan sebuah moto : “BERSAMA MENUJU SURGA”, bukan sebuah klaim bahwa kami pasti akan masuk surga, namun sebuah harapan besar kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, semoga dengan kita mempelajari dan menggali warisan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam kelak kita akan bersama-sama memasuki surga Allah Ta’ala.

Sebuah usaha untuk bersama menuju surga.

Kurang lebih 4 bulan yang lalu kami terdorong untuk berbagi ilmu agama melalui sebuah group WhatsApp. Alhamdulillah kami memilih nama Al-Misk sebagai tanda pengenal program ini, juga sebagai nama atas program pendidikan kami yaitu Madrasah Tahfidzul Quran Lil Banaat yang berdomisili di Gampong Merduati Banda Aceh.

Kemudian kami mendapatkan saran dari beberapa teman yang menginginkan kami untuk lebih baik, agar mendokumentasikan tulisan yang telah dimuat didalam group WhatsApp ke dalam website agar mudah dalam mencari faedah terkait.

Akhirnya kami istikharah, dan setelah adanya kemudahan dari Allah serta ta’awun dari sebagian kaum muslimin, kami mulai menyusun website ini dan kami pilih www.almisk.or.id sebagai domain kami.

Kami klasifikasikan faedah yang kami tulis didalam website ini menjadi beberapa bagian seperti Aqidah, Fiqh, Akhlaq, Hadits dan tanya jawab atau diskusi agama serta pembahasan yang bermanfaat lainnya.

Harapan kami, apa yang telah kami rintis ini menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk Islam dan kaum muslimin. Tentunya kami berterimakasih dan mengucapkan JAZAKUMULLAHU KHAIRAN KATSIRAA atas semua pihak yang telah membantu dan mendukung baik secara  moril atau materi, sehingga terbentuknya website ini.

Tentunya sebagai manusia kami pasti terjatuh kepada kesalahan dan kekeliruan, maka kritik, saran dan masukan akan kami jadikan sebagai motivasi untuk semakin baik.

Akhirul kalam, kami mengucapkan Jazakumullahu Khairan Wa Baarakallahu fikum.

 

Hormat Kami,

Al-Ustadz Imam Syarifuddin Abu Abdillah.

 

Sambutan Penanggung Jawab Website

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji hanyalah milik Allah Azza Wa Jalla,  kita memuji dan memohon pertolongan serta pengampunan-Nya. Salawat dan salam kita panjatkan keharibaan khalillah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, semoga keberkahan dilimpahkan kepada beliau, keluarga, sahabat, dan segenap orang yang mengikuti beliau.

Alhamdulillah website Al-Misk telah hadir sebagai media dakwah untuk kaum muslimin. Materi di website ini Insyaa Allah kami sertakan dengan dalil dari Al-Quran dan As-Sunnah sesuai dengan pemahaman para salafus salih.

Pembaca yang budiman, semoga materi yang disajikan dapat menjadi sumber hidayah dan referensi dalam ketakwaan, peribadatan, dan penghambaan kepada Allah Jalla Wa Azza. Kami selaku  pengelola website ini, memohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan dalam pemaparan dan tentunya sangat mengharapkan masukan bagi pengembangan dan perbaikan website.

Selamat membaca dan kita berharap agar kita diwafatkan Allah dalam keadaan iman dan Islam.

 

Penanggung Jawab,

Dr. Cut Dewi, ST, MT, MSc

 

Sekapur Sirih Pimpinan Redaksi

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah alladzi bi ni’matihi tatimmus shalihat,

Hanya dengan pertolongan dari Allah ‘azza wa jallawebsite Al-Misk untuk pertama kalinya hadir sebagai salah satu sarana tarbiyah kaum muslimin untuk menghidupkan pola pikir ilmiah berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah dengan pemahaman Salafus Salih dan mengajak kaum muslimin untuk hidup islami sesuai dengan manhaj Ahlus Sunnah wal Jamaah,  memurnikan ajaran islam dari segala noda syirik,  bid’ah,  khurofat serta gerakan-gerakan dan pemikiran yang merusak ajaran islam.

Kami mengucapkan jazakumullah khairan atas dukungan kaum muslimin dan muslimat sehingga website Al-Misk bisa terselenggara dan kami mohon maaf kepada semua jika masih ditemukan kesalahan-kesalahan pada website ini.

Saran dan kritik yang membangun selalu kami harapkan dari kaum muslimin, dimanapun berada.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Pimpinan Redaksi,

Inna Rusyanti, S.Si,  MT

TIM REDAKSI

Dewan Penasehat

Al Ustad Imam Syarifuddin

Ustadzah Ummu Abdillah Hasna

 

Penanggung Jawab

Dr. Cut Dewi, ST, MT, MSc

 

Pimpinan Redaksi

Inna Rusyanti, S.Si,  MT

 

Editor

Yhosa Angeliani A.ma

dr. Afnidawati

 

Teknis dan Operasional

Ummu Abdirahman

Widya Hanifa S.KH

 

Media Sosial

Debby Pratiwi

Rizka Khaira

Cut Tria Hajaton, S.Tr.Kep

 

Visual dan Grafis

Firda Farisa S.Pd

Uci Herawati

Nurul Lathifah Kusnandar