Lemahnya Iman

49

Fenomena yang sering terluputkan dari kehidupan seorang muslim yaitu introspeksi atas keimanannya.

Dalam satu pekan atau bahkan setiap hari dirinya selalu mengevaluasi usahanya, yang pastinya akan dia tinggalkan, namun mengabaikan evaluasi keimanannya yang akan menemaninya kelak dialam kubur.

Lemahnya iman harus menjadi perhatian seseorang. Dan itu sangat Nampak didalam beberapa hal dibawah ini :

1. Bermudah – mudahan dalam melakukan kemaksiatan

2. Merasa kalut dan keras hatinya

3. Tidak istiqamah didalam ibadah

4. Malas dalam melakukan ketaatan

5. Tidak merasa istimewa dengan bacaan Al Quran

Penting untuk kita mengetahui beberapa sebab lemahnya iman :

menjauh dari kebaikan dan ketaatan

Tatkala seseorang menjauh dari kebaikan dan tenggelam dalam kemaksiatan maka disitulah iman seseorang akan menjadi lemah dan hatinya akan menjadi keras. 

Allah berfirman :

أَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَن تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ ٱللَّهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ ٱلْحَقِّ وَلَا يَكُونُوا۟ كَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْكِتَٰبَ مِن قَبْلُ فَطَالَ عَلَيْهِمُ ٱلْأَمَدُ فَقَسَتْ قُلُوبُهُمْ ۖ وَكَثِيرٌ مِّنْهُمْ فَٰسِقُونَ


Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik. ( QS Al Hadid : 16 )

pengaruh teman yang buruk

Ini menjadi sebab yang sangat mudah membuat iman menjadi lemah. Seseorang yang sangat ingin hijrah namun kandas karena pengaruh teman yang jelek.

Rasulullah ﷺ telah mengingatkan hal tersebut dalam sabdanya :

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ ، فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً ، وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَة


Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” 

(HR. Bukhari dan Muslim )

jarang menuntut ilmu

Semakin seseorang jauh dari menuntut ilmu dan mempelajarinya maka semakin lemah keimanannya. Sebagaimana itu terjadi kepada Handzalah Radhiyallahu Anhu yang merasakan dalam dirinya ketergesangan disaat jauh dari bermajlis dengan Rasulullah ﷺ .

Dan tentunya ini Sebagian kecil dari sekian banyak sebab yang membuat iman seseorang menjadi lemah. Semoga Allah menjaga kita semua dari lemahnya keimanan.

Barakallahu Fikum

Al Ustadz Imam Abu Abdillah

════◎❅❦❅◎ ════• 

BERSAMA MENUJU SURGA 

GROUP KAJIAN ISLAM AL MISK 

Join Group Al Misk

Grup terpisah Ikhwan dan Akhwat

Link Group Ikhwan :

https://chat.whatsapp.com/GDzOXpkanqV5EjQtVhnoYQ

Link Group Akhwat :

https://chat.whatsapp.com/CAV4SRhWAQj1MfUNY0J89B

Bersama Menuju Surga

www.almisk.or.id

Tinggalkan Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasi.