PROFIL PROGRAM PENDIDIKAN AL MISK

Segala puji hanya milik Allah Ta’ala, Selawat dan salam teriring selalu kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad bin Abdillah Shallallahu ‘Alaihi wasallam dan yang mengikutinya sampai akhir zaman. Dengan segala kemudahan dari Allah semata. Alhamdulillah kami telah diberikan amanah untuk mengasuh beberapa program pendidikan.

Madrasah Tafidzul Quran Lil Banaat adalah sebuah pendidikan yang berbasis Tahfidzul Quran, diperuntukkan bagi anak-anak perempuan (akhwat) dengan usia 12 tahun keatas, atau lulusan sekolah dasar dan yang sederajat.

Program Madrasah Tafidzul Quran Lil Banaat  tergolong masih belia, dikarenakan sampai saat ini baru ada 1 kelas dengan kapasitas murid 20 anak.

Program ini akan ditempuh Insya Allah selama tiga tahun dengan perincian 2 tahun pertama sebagai program Tahfidz, kemudian 1 tahun terakhir dengan program Takmily, yaitu program penyempurna dari dua tahun yang sebelumnya.

Kami berusaha semaksimal mungkin agar anak-anak mampu menyelesaikan selama tiga tahun tersebut Al-Quran dengan hafalan yang Mutqin (kuat) sehingga mampu memberikan kekuatan mental yang baik sehingga menjadi anak salihah yang bermanfaat untuk keluarganya, Islam dan kaum muslimin dan muslimat.

Tentunya sebagai Madrasah Tafidzul Quran yang berbasis Ahlus Sunnah Wal Jamaah, kami juga menambah beberapa pelajaran dasar terkait dengan Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah, juga pelajaran Bahasa Arab dengan pembahasan Durusullughah Al ‘Arabiyyah.

Untuk memudahkan anak-anak didalam menghafal Al-Quran, kami juga mengajarkan kaidah dasar tajwid sehingga bacaan anak-anak akan terbimbing dengan baik bi idznillah.

Madrasah Tafidzul Quran Lil Banaat tersebut berdomisili di Jalan Tamam Siswa No. 56 Merduati Banda Aceh.

Alhamdulillah Kami juga telah membuka pendaftaran santriwati Baru dengan Tahun Ajaran 1439 – 1440 H.

Semoga  Allah memberikan kemudahan dan keberkahan didalam semua Jalan kebaikan ini. Amiin

Madrasah Tarbiyatun Nisa adalah sebuah pendidikan yang diperuntukkan bagi muslimah yang telah menyelesaikan pendidikan SMP/SMA dan yang sederajat.

Madrasah Tarbiyatun Nisa mengacu kepada upaya kaderisasi para daiyyah (ustadzah) yang sangat dibutuhkan tentunya dizaman ini untuk menyebarkan dakwah dikalangan muslimat.

Pendidikan ini akan ditempuh Insya Allah dengan masa 3 tahun. Dengan perincian 2 tahun pertama adalah waktu efektif didalam belajar. Dan 1 tahun terakhir akan digunakan untuk orientasi dan pengembangan Ilmu agama yang telah didapatkan.

Madrasah Tarbiyatun Nisa memiliki konsep pembelajaran dengan menggabunggakn antara Tahfidz dan Tarbiyah dengan presentase 30 – 70 %, sehingga santriwati akan lebih banyak mempelajari ilmu agama Islam, mencakup Aqidah, Fiqh, Muamalah bahkan ilmu alat dalam mempelajari Al-Quran dan Hadits  seperti Ushul fikih, Mustalah Hadist dan Ilmu Bahasa Arab akan menjadi target yang pasti, InSya Allah.

Program ini akan mulai berjalan Insya Allah ditahun ini dengan dimulai Insya Allah pada bulan Syawwal 1439 H.

Madrasah Tarbiyatun Nisa ini berdomisili di Jalan Syech Mudawali No. 21 Kampung Baru Banda Aceh.

Madrasah Thalibat adalah sebuah program yang diperuntukkan bagi mahasiswi, lulusan sarjana atau yang memiliki kesibukkan yang rutin dengan meluangkan waktunya dimalam hari untuk mengikuti program pendidikan yang intensif dan rutin.

Untuk sabtu dan ahad, memiliki waktu yang lebih luang dan panjang dalam program pendidikan tersebut.

Program ini dirintis sebagai upaya bahwa tidak ada kata terlambat dalam menuntut ilmu dan kita bisa untuk belajar ilmu agama, apapun kesibukan kita.

Target yang akan dicapai adalah santriwati mampu memahami kaidah dasar aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah serta memiliki dasar yang kuat didalam ilmu Bahasa Arab dan Lainnya.

Program ini akan ditempuh dalam waktu 1 tahun, kemudian akan dilakukan program susulan sesuai dengan pencapaian santriwati dalam pendidikan tersebut.

Madrasah Thalibaat ini berdomisili di Jalan Syech Mudawali No. 21 Kampung Baru Banda Aceh.