Aqidah Al-Imam Al-Bukhari (Bagian 2)

257

Diantara kemuliaan ilmu salaf adalah kokohnya mereka dalam memahami aqidah, serta dekatnya mereka dalam mengambil ilmu yang penting ini dengan zaman Nubuwwah, seperti apa yang dinukil oleh Al-Imam Al-Lalikai dari aqidah Al-Imam Al-Bukhari rahimahullah.

Sisi lain, adalah bagaimana kehati-hatian mereka dalam menimba ilmu aqidah ini, sehingga mereka tidak mencukupkan untuk mengambil dari satu atau dua guru, melainkan mereka mengambil dari sumber yang banyak, dan itulah yang dilakukan oleh Al-Imam Al-Bukhari dalam menggali ilmu aqidah ini.

Beliau mengatakan di muqaddimah aqidah beliau,

“Sungguh aku telah bertemu lebih dari seribu orang dari kalangan ahli ilmu (ulama).”

Bukan hanya kuantitas yang banyak, namun juga kualitas, dengan bukti mereka yang berjulah seribu bukanlah sembarang orang, namun mereka adalah ulama Islam, yang telah Allah rekomendasikan mereka dalam ketakwaannya sebagai kaum yang takut kepada Allah.

Disisi lain yang menjadi nilai spesial dalam keilmuan kaum salaf adalah banyaknya mereka Rihlah dalam menuntut ilmu agama, tidak cukup hanya menerima apa adanya didaerahnya, namun berjalan dalam menuntut ilmu agama. Coba lihat Al-Imam Al-Bukhari mengatakan dalam muqaddimah aqidah beliau,

“Sungguh aku telah bertemu lebih dari seribu orang dari kalangan ahli ilmu (ulama), dari ahli Hijaz, Makkah, Madinah, Kufah, Bashrah, Washith, Baghdad, Syam, Mesir, Aku bertemu mereka berkali-kali, dari waktu kewaktu, aku bertemu mereka kurang lebih 46 tahun.”

Bukan hanya duduk manis menunggu ilmu sampai dirumahnya, namun ilmu itu di datangi, dan bukan datang kepada kita.

Guru yang pasti dan jelas juga menjadi kelebihan ilmu salaf. Al-Imam Al-bukhari menyebutkan satu persatu guru guru beliau, jika tidak khawatir akan terlalu panjang, beliau akan menulis semuanya, namun beliau hanya sebutkan 45 guru beliau dari setiap daerah yang beliau lewati.

Sungguh sebuah ketenangan, mana kala kita belajar dari aqidah seorang Imam yang memiliki kekuatan ilmu agama yang sangat mumpuni.

Semoga Allah menganugerahkan kepada kita taufiq dan petunjuknya

 

Amin Ya Rabbal Alamin.

 

Penulis : Ustadz Abu Abdillah Imam

Tinggalkan Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasi.