Apakah Boleh Meng-aqiqah Diri Sendiri ?

131

Pertanyaan

 

 

Ustadz ana ingin bertanya,jika kita orang tua kita belum meng- Aqiqah kita  sampai sekarang ana sudah berumur 22thn, sedangkan jika di lihat orang tua mampu ,apakah boleh kita meng Aqiqah kan diri sendiri,atau mmng harus orang tua ?

 

Dijawab oleh Ustadz Imam Abu Abdillah

 

Jawaban

 

 

Terjadi perbedaan pendapat dikalangan Ulama tentang mengaqiqahi diri sendiri, namun pendapat yang dipilih oleh As Syaikh bin Baz dalam Fatawanya adalah disunnahkan untuk meng-aqiqahi dirinya, jika orang tuanya tidak atau belum meng-aqiqahi dirinya.

 

 

Beliau berkata setelah menyebutkan dua pendapat :

 

 

والقول الأول أظهر ، وهو أنه يستحب أن يعق عن نفسه ؛ لأن العقيقة سنة مؤكدة ، وقد تركها والده فشرع له أن يقوم بها إذا استطاع ؛ ذلك لعموم الأحاديث ومنها : قوله صلى الله عليه وسلم : ( كل غلام مرتهن بعقيقته تذبح عنه يوم سابعه ويحلق ويسمى ) أخرجه الإمام أحمد ، وأصحاب السنن عن سمرة بن جندب رضي الله عنه

 

 

Dan pendapat yang pertama lebih kuat. Yaitu disunnahkan untuk mengaqiqahi dirinya sendiri, dikarenakan Aqiqah adalah Sunnah Muakkadah. Dan telah ditinggalkan oleh Ayahnya, sehingga disyariatkan bagi dirinya untuk melakukannnya jika dirinya mampu.

 

 

Berdasarkan keumuman dalil yang datang dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, diantaranya Sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam :

 

 

“ Setiap Anak tergadaikan dengan akikahnya, disembelih dihari ketujuh, dan dicukur dan diberikan nama”. ( HR Ahmad dan Ashabus Sunan dari samurah bin Jundub )

Fatawa Ibnu Baz :26/266

 

 

Namun jika orang tuanya mampu, sebaiknya membujuk orang tuanya dengan baik sehingga mau mengaqiqahi dirinya.

 

 

Penulis: Ustadz Imam Abu Abdillah

Artikel: https://almisk.or.id

 

 

____

BERSAMA MENUJU SURGA

GROUP KAJIAN ISLAM AL MISK

Untuk Join Group ketik :

#LK/PR#Nama#Alamat#Umur#NoHP

SMS/WA : +6285338107669

******

Donasikan infaq terbaik anda di : BNI Syariah 800440000 a/n YAYASAN AL MISK untuk Program Pendidikan Al Misk

Donasi Terbaik Anda akan digunakan untuk keperluan Operasional Kajian Ummahat Al Misk dan WAG Al Misk serta Persiapan pembebasan Wakaf Tanah Al Misk

Lihat Update Donasi setiap bulannya di : www.almisk.or.id

untuk konfirmasi donasi : SMS/WA : 0811 688 1515 ( Cut Dewi Ummu Muhammad ) atau 085836677889 (Vivie)

Tinggalkan Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasi.