Bisiki Saudaramu Dengan Kebaikan

42

Terkadang semangat dalam menyampaikan kebaikan untuk saudaranya membuat nasehat itu menjadi konsumsi public. Padahal seandainya dengan bisikan halus, bisa jadi itu menjadi pintu kebaikan.


Berkata Syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahullah :

 

_وليُعلم أن النصيحة هي مخاطبة الإنسان سراً بينك وبينه؛ لأنك إذا نصحته سراً بينك وبينه أثرت في نفسه، وعلم أنك ناصح، لكن إذا تكلمت أمام الناس عليه؛ فإنه قد تأخذه العزة بالإثم فلا يقبل النصيحة، وقد يظن أنك إنما تريد الانتقام منه وتوبيخه ووحطّ منزلته بين الناس فلا يقبل، لكن إذا كانت النصيحة بينك وبينه صار لها ميزانٌ كبير عنده وقيمة

 

Ketahuilah bahwa Nasehat itu adalah mengajak bicara manusia secara sembunyi antara dirimu dan dirinya. Karena itu akan memberikan pengaruh kepada dirinya dan dia akan tahu bahwa dirimu adalah pembawa nasehat. 

 

Tetapi jika dirimu menasehati dia didepan manusia bisa jadi dirinya terbawa dengan kegoisannya sehingga menolak nasehat, dan dia akan menyangka bahwa dirimu itu ingin menjatuhkannya, akhirnya dia menolak.

 

Namun jika nasehat itu antara dirimu dan dirinya, maka itu akan menjadi timbangan yang cukup berat baginya untuk menerima nasehat.

( Lihat Syarh Riyadhus Shalihin : 313 )

Barakallahu fikum

 

Abu Abdillah Imam

Almisk.or.id

════◎❅❦❅◎ ════• 

BERSAMA MENUJU SURGA 

GROUP KAJIAN ISLAM AL MISK 

Donasi *WAKAF TANAH Madrasah Al Misk* Tahap kedua 

*BNI Syariah 8004400111 an WAKAF Al Misk*

CP : 08116881515 / 085836677889

*Jadikan Hartamu jalan menuju Syurga*

Tinggalkan Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasi.