Hakikat Ketakwaan

82

Dari Bakr bin Abdillah Rahimahullah berkata : Setelah fitnah ibnu Asy’at, Thalq bin Habib berkata : Jauhilah fitnah dengan ketakwaan

Berkata Bakr : Yang paling indah bagi kami adalah ketakwaan

Lalu Thalq bin Habib berkata : Takwa adalah amalan dengan ketaatan kepada Allah diatas cahaya dari Allah dan mengharapkan pahala dari Allah serta  meninggalkan maksiat kepada Allah diatas cahaya dari Allah. Serta takut akan azab Allah.

Ini merupakan salah satu perkataan yang terbaik yang dikatakan untuk meraih ketakwaan dan penjelasan tentang hakikat taqwa.

Berkata Syaikh Abdurrazzaq Hafidzahullah :

Dan sungguh telah terkumpul didalamnya pada penjelasan beliau Rahimahullah 2 perkara yaitu prinsip taqwa dan tujuan taqwa. Dikarenakan setiap amalan yang engkau dengannya bertaqorrub kepada Allah Jalla wa ‘Ala, diharuskan untuk memiliki prinsip dan tujuan.

Adapun prinsip taqwa merupakan asasnya (pondasinya) yang tegak berdiri diatasnya. Asasnya adalah iman dan ini diisyaratkan dalam perkataan beliau Rahimahullah “على نور من الله”

Dan adapun tujuannya adalah untuk mendapatkan pahala dari Allah dan sukses dengan keridhoanNya. Serta delamat dari azab Allah. Ini diisyaratkan dalam perkataan beliau Rahimahullah  “رجاء ثوب الله” dan perkataan “خيفة عقاب الله” .

((Lihat kitab At-Tuhaf karya syaikh Abdurrazaq bin Abdil Muhsin hal:35))

Penulis: Team Fawaid Al Misk

Dimurojaah oleh: Ustadz Imam Abu Abdillah

Artikel: https://almisk.or.id

____

BERSAMA MENUJU SURGA

GROUP KAJIAN ISLAM AL MISK

Untuk Join Group ketik:

#LK/PR#Nama#Alamat#Umur#NoHP

SMS/WA : +6285338107669

*****

Donasikan infaq terbaik anda di : BNI Syariah 800440000 a/n YAYASAN AL MISK untuk Program Pendidikan Al Misk

Donasi Terbaik Anda akan digunakan untuk keperluan Operasional Kajian Ummahat Al Misk dan WAG Al Misk serta Persiapan pembebasan Wakaf Tanah Al Misk

Lihat Update Donasi setiap bulannya di : www.almisk.or.id

untuk konfirmasi donasi : SMS/WA : 0811 688 1515 ( Cut Dewi Ummu Muhammad ) atau 085836677889 (Vivie)

Tinggalkan Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasi.