Tauhid

69

 

Benar, kita sering mendengar istilah tersebut.
Namun kalau kita melihat respon sebagian orang, ada yang menganggap biasa, dan ada juga yang mencibirnya, seakan akan melihat hantu disiang bolong manakala mendengar nama Tauhid.

 

Pembaca Rahimakumullah

 

Ketahuilah bahwa Istilah Tauhid itu sudah ada didalam Al Quran Al kariem. Mari kita simak beberapa ayat dibawah ini :

 

Allah berfirman :

 

قُلْ هُوَ اللَّهُ *أَحَدٌ*

 

 

Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa (QS Al Ikhlas : 01 )

 

Allah juga berfirman :

 

وَجَعَلْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ أَكِنَّةً أَنْ يَفْقَهُوهُ وَفِي آذَانِهِمْ وَقْرًا ۚ وَإِذَا ذَكَرْتَ رَبَّكَ فِي الْقُرْآنِ *وَحْدَهُ* وَلَّوْا عَلَىٰ أَدْبَارِهِمْ نُفُورًا

 

 

Dan Kami jadikan hati mereka tertutup dan telinga mereka tersumbat, agar mereka tidak dapat memahaminya. Dan apabila engkau menyebut Tuhanmu saja dalam Al-Qur’an, mereka berpaling ke belakang melarikan diri (karena benci). ( QS AL Isra : 46 )

 

Allah juga berfirman :

 

وَإِذَا ذُكِرَ اللَّهُ *وَحْدَهُ* اشْمَأَزَّتْ قُلُوبُ الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِالْآخِرَةِ ۖ وَإِذَا ذُكِرَ الَّذِينَ مِنْ دُونِهِ إِذَا هُمْ يَسْتَبْشِرُونَ

 

 

Dan apabila yang disebut hanya nama Allah, kesal sekali hati orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat. Namun apabila nama-nama sembahan selain Allah yang disebut, tiba-tiba mereka menjadi bergembira. ( QS Az Zumar : 45 )

 

Allah juga berfirman :

 

ذَٰلِكُمْ بِأَنَّهُ إِذَا دُعِيَ اللَّهُ *وَحْدَهُ* كَفَرْتُمْ ۖ وَإِنْ يُشْرَكْ بِهِ تُؤْمِنُوا ۚ فَالْحُكْمُ لِلَّهِ الْعَلِيِّ الْكَبِيرِ

 

 

Yang demikian itu karena sesungguhnya kamu mengingkari apabila diseru untuk menyembah Allah saja. Dan jika Allah dipersekutukan, kamu percaya. Maka keputusan (sekarang ini) adalah pada Allah Yang Mahatinggi, Mahabesar. ( QS Ghafir : 12 )

 

Dari beberapa ayat diatas, menunjukkan bahwa istilah Tauhid itu istilah yang sering ada didalam Al Quran Al Kariem, mari kita biasakan istilah tersebut.

 

 

Didalam Hadist Rasulullah ﷺ juga banyak tersebut istilah Tauhid.

 

 

Ketika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengutus Muadz bin Jabal ke Yaman, beliau berpesan kepada Muadz :

 

فليكن أول ما تدعوهم إليه الى أن يوحدوا الله

 

 

Maka jadikan yang pertama engkau ajak mereka adalah untuk men Tauhid kan Allah. ( HR Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas )

 

Dalam Hadist Thariq bin Asyam Radhiyallahu Anhu, Rasulullah ﷺ bersabda :

 

 

من وحد الله و كفر بما يعبد من دونه حرم ماله و دمه و حسابه على الله

 

 

Siapa yang mengesakan Allah dan mengkufuri dengan apa yang disembah selain Allah, maka Haram atasnya darah dan Hartanya. Sedangkan perhitungannya kelak dihadapan Allah. ( HR Muslim )

 

 

Abdullah bin Amr bin Ash pernah bercerita kalau Ayahnya Al ‘Ash bin Wail pernah bernadzar dijahiliyyah untuk menyembelih 100 ekor onta. Lalu ditanyakan oleh umar bin Khattab kepada Rasulullah ﷺ mengenai hal itu.

 

 

Beliau menjawab :

 

 

أما أبوك فلو كان أقر *بالتوحيد* فصمت و تصدقت عنه نفعه ذلك

 

 

Adapun ayahmu, jika dia meyakini Tauhid lalu engkau berpuasa dan bersedekah untuknya, maka itu akan bermanfaat baginya ( HR Ahmad dengan sanad yang Shahih )

 

 

Beberapa Hadist diatas menunjukkan bahwa Lafadz Tauhid itu adalah hal yang sering disabdakan oleh Rasulullah ﷺ. Oleh karenanya jangan kita merasa terganggu dengan istilah Tauhid, atau kajian yang berkaitan dengan Tauhid.

 

 

Namun tentunya Tauhid Ahlus Sunnah wal Jamaah yang sesuai dengan Pemahaman Shahabat, Tabiien, Tabiut Tabiie serta Imam Empat madzhab dan selainnya dari Ulama Islam

 

Penulis: Ustadz Imam Abu Abdillah

Artikel: https://almisk.or.id

 

____

BERSAMA MENUJU SURGA

GROUP KAJIAN ISLAM AL MISK

Untuk Join Group ketik:

#LK/PR#Nama#Alamat#Umur#NoHP

SMS/WA : +6285338107669

*****

Donasikan infaq terbaik anda di : BNI Syariah 800440000 a/n YAYASAN AL MISK untuk Program Pendidikan Al Misk

Donasi Terbaik Anda akan digunakan untuk keperluan Operasional Kajian Ummahat Al Misk dan WAG Al Misk serta Persiapan pembebasan Wakaf Tanah Al Misk

Lihat Update Donasi setiap bulannya di : www.almisk.or.id

untuk konfirmasi donasi : SMS/WA : 0811 688 1515 ( Cut Dewi Ummu Muhammad ) atau 085836677889 (Vivie)

Tinggalkan Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasi.