Bertanya Agama Adalah Obat Kebodohan

178

 

 

Allah berfirman :

 

وَما أَرْسَلْنا قَبْلَكَ إِلَّا رِجالًا نُوحِي إِلَيْهِمْ فَسْئَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

 

 

Dan tidaklah kami utus sebelum Engkau kecuali para lelaki yang kami wahyukan kepada mereka, Maka bertanyalah kepada Ahlud Dzikri kalau kalian tidak mengetahui ( QS Al Anbiya : 7 )

 

 

Pelajaran dari Ayat yang Mulia :

 

1.    Sebagai bentuk Kasih sayang Allah kepada Hambanya, Allah utus kepada kita seorang Rasul dari jenis manusia, bukan dari jenis malaikat dan Jin.

 

 

Berkata Al Imam Ibnu Katsier Rahimahullah :

 

وذلك من تمام نعمة اللَّهِ عَلَى خَلْقِهِ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رُسُلًا مِنْهُمْ يَتَمَكَّنُونَ مِنْ تَنَاوُلِ الْبَلَاغِ مِنْهُمْ وَالْأَخْذِ عنهم

 

 

Dan itu adalah dari kesempurnaan kenikmatan Allah kepada Hambanya, ketika Allah utus kepada mereka dari kalangan manusia agar memudahkan mereka untuk mengambil Ilmu darinya dan mudah menyampaikan Ilmu kepada Ummatnya ( Tafsir Ibn Katsier )

 

 

2.    Menjadi salah satu keyakinan Ahlus Sunnah wal Jamaah bahwa Rasul Allah semuanya adalah laki – laki. Tidak ada diantara mereka yang wanita, adapun Maryam ‘Alaihas Salam menurut pendapat yang shahih adalah Bukan Nabi Namun Shiddiqah sebagaimana Allah berfirman :

 

 

مَا الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ إِلَّا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُ وَأُمُّهُ صِدِّيقَةٌ ۖ كَانَا يَأْكُلَانِ الطَّعَامَ ۗ انْظُرْ كَيْفَ نُبَيِّنُ لَهُمُ الْآيَاتِ ثُمَّ انْظُرْ أَنَّىٰ يُؤْفَكُونَ

 

 

Al-Masih putra Maryam hanyalah seorang Rasul. Sebelumnya pun sudah berlalu beberapa rasul. Dan ibunya seorang  Shiddiqah ( yang berpegang teguh pada kebenaran ) . Keduanya biasa memakan makanan. Perhatikanlah bagaimana Kami menjelaskan ayat-ayat (tanda-tanda kekuasaan) kepada mereka (Ahli Kitab), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka dipalingkan (oleh keinginan mereka). ( QS Al Maidah : 75 )

 

 

3. bertanya kepada orang yang berilmu adalah obat kebodohan.
Didalam Ayat Al Quran sangat banyak ayat yang menunjukkan pertanyaan  Sahabat kepada Rasulullah ﷺ , juga didalam Sunnah Rasulullah ﷺ . baik didalam hal kebaikan atau dalam kejelekan. Bertanya dalam kebaikan untuk dilakukan dan bertanya dalam kejelekan untuk menjauhinya.

 

Ketika seorang sahabat Wafat dikarenakan mandi Junub dikala sakit, dan tidak bertanya kepada Rasulullah ﷺ, beliau bersabda :

 

ألا سألوا إذ لم يعلموا فإنما شفاء العي السؤال

 

 

Ketahuilah, kenapa mereka tidak bertanya ketika mereka tidak mengetahui hukumnya, sungguh obat orang bodoh adalah bertanya. ( HR Abu daud dan lainnya dengan sanad yang Shahih )

 

Wallahu A’lam Bishowab

Penulis: Ustadz Imam Abu Abdillah

Artikel: https://almisk.or.id

____

BERSAMA MENUJU SURGA

GROUP KAJIAN ISLAM AL MISK

Untuk Join Group ketik:

#LK/PR#Nama#Alamat#Umur#NoHP

SMS/WA : +6285338107669

*****

Donasikan infaq terbaik anda di : BNI Syariah 800440000 a/n YAYASAN AL MISK untuk Program Pendidikan Al Misk

Donasi Terbaik Anda akan digunakan untuk keperluan Operasional Kajian Ummahat Al Misk dan WAG Al Misk serta Persiapan pembebasan Wakaf Tanah Al Misk

Lihat Update Donasi setiap bulannya di : www.almisk.or.id

untuk konfirmasi donasi : SMS/WA : 0811 688 1515 ( Cut Dewi Ummu Muhammad ) atau 085836677889 (Vivie)

Tinggalkan Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasi.