Jangan Sampai Berlebihan

37

Pandemic corona ( COVID_19 ) merupakan sebuah ujian yang cukup berat bagi sebahagian Hamba Allah. Namun seorang yang memahami hakikat kehidupan yang sebenarnya, dia tidak akan terjatuh dalam kesedihan yang berlanjut. Namun menikmati semua yang Allah tentukan untuknya, dan dia benar-benar menyakini bahwa itu yang terbaik baginya.

 

Rasulullah ﷺ bersabda :

 

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

 

“Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruh urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim )

 

Begitulah seorang muslim, selalu mensyukuri dan bersabar atas semua ketentuan Ilahi.

 

Wahai Diri ini yang selalu meratap & mengeluh

Semuanya telah ditulis dan tak kan berubah

Namun dibalik kesusahan pasti semua akan mudah

Ibarat Awan yang tak mungkin berada disatu arah.

 

Yakinlah ujian ini sesaat, dan dibalik itu semua akan terlihat sinar mentari yang lebih cemerlang, tidak mungkin keadaan selalu demikian, ibarat ucapan Ulama :

 

 دوام الحال من المحال

Selalu dalam satu keadaan didunia ini adalah sebuah kemustahilan.

 

Teruslah berusaha dan mencoba, Rezeki tidak akan kemana.

 

Tentunya jangan berlebihan ya

 

Sebuah kisah yang diceritakan oleh Syaikh Ahmad Syamlan Hafidzahullah didalam kitab beliau Al Qashash Miah seorang Badui diyaman yang bingung dalam mencari pendapatan, akhirnya dia memiliki ide untuk membuat obat penambah pemahaman ( Obat nutrisi menambah IQ )

 

Dia lalu mencari kotoran kambing, kemudian dia berikan pewarna agar kotoran yang kambing yang berkerikil seperti kelereng itu tidak menyerupai bentuk aslinya, lalu dia menjualnya dipasar dan menamakannya dengan Hubuub Fahm ( Pil penambah IQ )

 

Datanglah seseorang yang mencoba membeli, dia bertanya : Obat apa ini ?

 

kemudian penjual itu mengatakan : Ini Pil penambah pemahaman. Jika kamu makan ini, maka kamu akan cepat faham Begitu kata penjual.


Akhirnya orang itu membeli satu dan langsung memakannya untuk melihat apakah dia benar – benar bertambah pemahamannya. 

 

Ketika dia mengunyah pil itu, dengan wajah yang mengernyit terasa sesuatu dimulut yang aneh, dia lalu mengatakan : Bukankah ini adalah kotoran kambing ? sambil menampakkan wajah kecewa dan marah.

 

Namun sipenjual justru tersenyum dan mengatakan, Tuh lihat, kamu semakin Faham bahwa yang kamu makan adalah kotoran kambing.

 

Akhirnya pembeli tersenyum marah dan pergi meninggalkan penjual tersebut.

 

Nah, kalau kita mau menjual sesuatu, jangan berlebihan ya..

 

Barakallahu Fikum

 

Abu Abdillah Imam

Almisk.or.id

════◎❅❦❅◎ ════• 

BERSAMA MENUJU SURGA 

GROUP KAJIAN ISLAM AL MISK 

MADRASAH AL MISK mengajak semuanya untuk bersama – sama menyiapkan lahan Tahfidzul Quran dan kajian Ummahat & Akhwat yang semakin sempit dengan tidak mencukupi.

Silahkan donasikan infaq terbaik anda di : BNI Syariah 8004400111 an Yayasan Al Misk

Cp : 0811 688 1515 ( Ummu Muhammad ) & 0858 3667 7889 ( Vivie )

Bukan nominal yang penting, namun kepedulian

Barakallahu fikum

Tinggalkan Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasi.