Wahai Anakku, Fokuslah dalam Sebuah Ilmu

51

 

Diatas adalah diantara Nasehat Para Ulama dalam menuntut Ilmu. Manakala seorang Penuntut Ilmu mampu menguasai dalam satu bidang Ilmu, maka itu adalah kemuliaan yang telah dia Raih.

 

Hal diatas senada dengan apa yang dikhabarkan Oleh Rasulullah ﷺ kepada para Sahabat melalui Sabdanya :

 

اسْتَقْرَؤُوْا الْقُرْآنَ مِنْ أَرْبَعَةٍ عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْعُودٍ وَسَالِمٌ مَوْلَى أَبِيْ حُذَيْفَةَ وَأُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ وَمُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ

 

“Ambillah Al-Qur`an dari empat orang: ‘Abdullâh bin Mas’ud, Salim maula Abi Hudzaifah, Ubay bin Ka’ab dan Mu’adz bin Jabal ( HR Al Bukhari )


Rasulullah ﷺ menjadikan 4 sahabat tersebut sebagai Sahabat yang memiliki kelebihan dalam Ilmu Al Quran, sehingga mendapatkan rekomendasi Khusus dari Beliau ﷺ.

 

Berkata Al Imam An Nawawi Rahimahullah :

“Dan sebabnya adalah dikarenakan mereka lebih mampu dalam memastikan Lafadz Al Quran, dan lebih Mutqin dalam melafadzkannya walaupun selain mereka berempat lebih memahami makna dan kandungannya.

 

Atau kemungkinan lain adalah mereka berempat memiliki waktu yang lebih banyak dan fokus dalam mengambil Ilmu Al Quran Dari Rasulullah ﷺ secara lisan.

( Lihat Syarh Muslim : 16 / 17 )

 

Ketika Sang Anak mencapai Usia Remaja, Tanamkan pada diri mereka kecintaan dengan Al Quran sehingga mereka mampu untuk menghafalnya dan sabar diatas kemuliaan tersebut.

 

Kemudian suatu saat mereka mampu untuk menguasai Ilmu Agama, tanamkan pada mereka kekuatan agar bisa fokus dalam salah satu bidang Ilmu dan itu adalah sebuah kemuliaan.

Barakallahu Fikum

 

 

Abu Abdillah Imam

Almisk.or.id

════◎❅❦❅◎ ════• 

BERSAMA MENUJU SURGA 

GROUP KAJIAN ISLAM AL MISK 

Join Group : LK/PR#Nama#Asal#No HP

Kirim ke_WA_ : 0853 3810 7669

Donasi WAKAF TANAH Madrasah Al Misk Tahap kedua 

BNI Syariah 8004400111 an WAKAF Al Misk

CP : 08116881515 / 085836677889

Tinggalkan Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasi.