Kitab Jami’ dari Bulughul Maram

144

Dari Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu Anhu beliau berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

 

 

إِذَا انْتَعَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِالْيَمِينِ, وَإِذَا نَزَعَ فَلْيَبْدَأْ بِالشِّمَالِ, وَللْتَكُنْ الْيُمْنَى أَوَّلَهُمَا تُنْعَلُ, وَآخِرَهُمَا تُنْزَعُ

 

 

Jika kalian memakai sandal, maka hendaknya dimulai dengan kaki kanan, dan jika melepas, maka dimulai dengan kaki kiri, jadikan yang kanan yang pertama dipakai, dan kiri yang pertama dilepas ( HR Bukhari dan Muslim )

 

 

Penjelasan Hadist :

 

 

Pertama : Dalil yang sangat jelas, bahwa syariat islam memperhatikan bahkan dalam permasalahan adab dan Akhlaq didalam kehidupan keseharian, tentunya dalam permasalahan yang lebih penting seperti dalam hal aqidah dan ideology, serta dalam hal politik dan lain sebagainya, Syariat Islam telah menjelaskan konsep didalamnya.

 

 

Kedua : Sebuah adab didalam penggunaan sandal, agar mendahulukan kaki kanan dalam memakai, dan kaki kiri disaat melepas.

 

 

Ketiga : Perintah dalam Hadist diatas, difahami oleh Jumhur Ulama dengan makna Irsyad ( Anjuran ) tidak sampai ketingkat Wajib. Dan ini adalah pendapat yang sahih dalam masalah ini.

 

 

Keempat : Kemuliaan bagian _kanan_, sehingga dalam hadist yang Shahih, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam suka mendahulukan bagian kanannya dalam segala Hal, baik ketika bersuci, menyisir rambut, bahkan didalam menggunakan sandal ( HR Bukhari dan Muslim dari Aisyah Radhiyallahu Anha )

 

 

Kelima : Dalil bahwa sandal digunakan dizaman dahulu. Dizaman Rasulullah Shallallhu Alaihi Wasallam, dan telah sahih dalam Riwayat yang Shahih bahwa sandal yang digunakan oleh Rasulullah Shallallhu Alaihi Wasallam memiliki jepitan diantara ibu jari kaki dan jari sebelahnya.

 

 

Penulis: Ustadz Imam Abu Abdillah

Artikel: https://almisk.or.id

 

 

 

____

BERSAMA MENUJU SURGA

GROUP KAJIAN ISLAM AL MISK

Untuk Join Group ketik:

#LK/PR#Nama#Alamat#Umur#NoHP

SMS/WA : +6285338107669

*****

Donasikan infaq terbaik anda di : BNI Syariah 800440000 a/n YAYASAN AL MISK untuk Program Pendidikan Al Misk

Donasi Terbaik Anda akan digunakan untuk keperluan Operasional Kajian Ummahat Al Misk dan WAG Al Misk serta Persiapan pembebasan Wakaf Tanah Al Misk

Lihat Update Donasi setiap bulannya di : www.almisk.or.id

untuk konfirmasi donasi : SMS/WA : 0811 688 1515 ( Cut Dewi Ummu Muhammad ) atau 085836677889 (Vivie)

Tinggalkan Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasi.