Bahaya Dosa Riya

Diantara yang dapat merusak amalan seorang hamba adalah ketika ia memasukkan kedalam ibadah (amalannya) tujuan-tujuan lain dari selain Allah ﷻ. Hal itu yang dikenal sebagai dosa riya’, yaitu seorang beramal dengan suatu amalan dengan tujuan mengharap wajah manusia (ingin dilihat). Riya’ inilah yang akn mengakibatkan batalnya amalan yang ia kerjakan. Dan bukan hanya batal amalannya, bahkan hamba tersebut mendapat dosa atas niatnya itu dan bisa menjatuhkannya kepada perbuatan syirik.

Dari Abu Sa’id Al Kudzri radhiallahu ‘anhu secara marfu’, suatu ketika Nabi ﷺ keluar menuju shahabat-shahabat beliau ﷺ dalam keadaan mereka sedang menyaebutkan tentang Al Masih Ad Dajja. Maka Rasulullah ﷺ bersabda kepada mereka,

فَقَالَ « أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بِمَا هُوَ أَخْوَفُ عَلَيْكُمْ عِنْدِى مِنَ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ ». قَالَ قُلْنَا بَلَى. فَقَالَ « الشِّرْكُ الْخَفِىُّ أَنْ يَقُومَ الرَّجُلُ يُصَلِّى فَيُزَيِّنُ صَلاَتَهُ لِمَا يَرَى مِنْ نَظَرِ رَجُلٍ »

“Maukah kukabarkan pada kalian apa yang lebih samar bagi kalian menurutku dibanding dari fitnah Al Masih Ad Dajjal?” “Iya”, para sahabat berujar demikian kata Abu Sa’id Al Khudri. Beliau pun bersabda, “Syirik khofi (syirik yang samar) di mana seseorang shalat lalu ia perbagus shalatnya agar dilihat orang lain.”

Hadits diatas merupakan salah satu contoh ibadah yang terkena riya’ didalamnya. Hal itu tidak lain dikarenakan seorang itu memperbagus shalatnya  hanya disaat ada manusia yang melihatnya. Namun jika tidak ada yang melihatnya, ia tidak akan berbuat demikian. Itulah hakikat riya’ yang sangat berbahaya terhadap amalan ibadah seorang hamba.

_Nasalullah al ‘afiyah wa as salaamah_

*Team Fawaid Al Misk*

_Murajaah_ :

*Ustadz Abu Abdillah Imam*

════◎❅❦❅◎ ════• 

BERSAMA MENUJU SURGA 

JOIN GROUP KAJIAN ISLAM AL MISK 

*WA : 0853 3810 7669*

Donasi Rumah Wakaf Tahfidzul Quran Al Misk

_Tahap ketiga_

*BSI 8004400012 an Wakaf Al Misk*

Cp : 0811 688 1515 / 0858 3667 7889

Semoga Allah membalas dengan kebaikan & keberkahanu

adabakhlakDakwahISLAMsunnah